CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Saturday, June 9, 2012

Reuse, Recycle, Repair, Reduce, Replace, Refill

  • Reuse (Penggunaan ulang) : Proses reuse dilakukan untuk sampah yang tidak dapat terurai dan dapat dimanfaatkan ulang, misalnya botol bekas sirup. Digunakan lagi untuk menyimpan air minum sirup lagi.
 
  • Recycle (Pendaurulangan) : Proses menjadikan bahan bekas atau sampah menjadi bahan baru yang dapat digunakan kembali. Misalnya untuk sampah yang dapat terurai dijadikan kompos. Kompos ini dipadukan dengan pemeliharaan cacing tanah sehingga dapat diperoleh hasil yang baik. cacing tanah dapat menyuburkan tanah dan kompos digunakan untuk pupuk.
 
  • Repair (Pemeliharaan) : Melakukan pemeliharaan. Contohnya membuang sampah tidak sembarangan, reboisasi, perbaikan lahan kritis.
 
  • Reduce : Melakukan pengurangan bahan atau penghematan. contohnya jika akan berbelanja ke pasar atau supermarket, sebaiknya dari rumah membawa tas. janganlah meminta tas plastik dari toko/supermarket kalau hanya untuk dibuang saja.
 
  • Replace : Menggantikan dengan bahan yang bisa dipakai ulang (replace), adalah upaya mengubah kebiasaan yang dapat mempercepat produksi sampah, terutama sampah yang mempunyai sifatbsukar diolah dan berbahaya. Contohnya adalah mengganti kebiasaan memakai kantong plastik dengan kertas atau daun.
 
  • Refill : mengisi kembali wadah - wadah produk yang dipakai. Contohnya membeli minyak goreng yang ada wadahnya lalu untuk berikutnya membeli isinya saja.






Bagi temen-temen yang mau ambil artikel ini bisa download di sini {klik}..!!


Sumber : buku catatan lina kusuma pratiwi.

4 comments:

yanuar falco blog said...

6R dapet dr mana aja Lin
postingnya (inspirasi atau semacamnya),,, COMENT BACK

pratiwi said...

6R itu dpet dr buku catatan sekolah, kalau postingan yang lain dpet dr berbagai sumber (lewat bantuannya mbah google)

yanuar falco blog said...

ooo gitu ea

pratiwi said...

iiya...

Test Kecepatan Mengetik

Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik dan coba!