CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, March 16, 2012

CTENOPHORA

Morfologi :
Filum Ctenophora dikelompokkan sebagai Coelenterata. Nama Coelenterata berasal dari kata koilos, yang artinya rongga. Coelenterata sering juga disebut hewan berongga. Hewa ini memiliki organisasi jaringan sederhana dengan hanya dua lapis sel, yaitu sel eksternal dan sel internal.

Ciri- ciri Ctenophora :
Semua hewan yang tergolong Ctenophora hidup di laut. Tubuh hewan ini lunak, tak berwarna, dan mampu menghasilkan cahaya ( bioluminensi ). Bagian permukaan luar Ctenophora memiliki delapan baris silia yang membantunya bergerak di air. Tubuh hewan ini memiliki simetri radial. Ctenophora memiliki mulut untuk masuknya makanan serta dua lubang anus untuk mengeluarkan air dan kotoran di ujung yang lain.
Dinding tubuh Ctenophora dapat dibedakan menjadi mesoderma dan endoderma. Pada umumnya, Ctenophora tidak mempunyai nematoseista. Tetapi tentakelnya mempunyai sel-sel yang menghasilkan zat perekat untuk menangkap mangsa. Contoh : Mnemiopsis, Pleurobranchia, dan Beroe cucumis.

Manfaat Ctenophora :
Bagi manusia, berbagai jenis karang dimanfaatkan sebagai hiasan rumah dan merupakan bahan kapur. Selain itu, batu karang fungsinya sebagai pelindung pantai dari hantaman gelombang air laut. Sebagai komponen biotik di laut, terumbu karang merupakan tempat berlindung dan berkembang biak berbagai jenis ikan.

Kerugian Ctenophora :
Sebaliknya, Ctenophora juga dapat merugikan bagi peternakan tiram karena hewan-hewan ini memakan larva-larva tiram.

0 comments:

Test Kecepatan Mengetik

Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik dan coba!