CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sunday, March 11, 2012

Menulis Paragraf Argumentasi

Argumentasi berasal dari kata argumen yang berarti alasan. Jadi, argumentasi dapat diartikan sebagai pemberian alasan. Dengan demikian, paragraf argumentasi adalah paragraf yang di dalamnya berisi alasan atau argumen yang kuat tentang suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Untuk memperkuat argumen, penulis dapat menyertakan data pendukung, seperti fakta, hasil observasi, dokumen penting, statistik, hasil survei, dan gambar. Data tersebut disajikan untuk memengaruhi atau meyakinkan pembaca untuk menyatakan persetujuannya. Jika dalam eksposisi penutup karangan berupa penegasan, dalam argumentasi penutup karangan berupa simpulan.

Dengan jumlah data yang dimiliki, seorang yang hendak berarguentasi harus mengungkapkan beragam fakta dengan gagasan yang logis dan kritis. Jadi, data yang dikemukakannya harus saling mendukung serta memberikan kontribusi yang ckup bagi ide atau gagasan penulis.

Pola pengembangan argumentasi dapat dikemukakan dengan menggunakan hubungan sebab dan akibat. Hubungan sebab dan akibat ini dapat berlangsung dalam dua pola sebagai berikut :

  • Sebab ke Akibat
Hubungan sebab ke akibat mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, lalu bergerak maju menuju pada suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat yang terdekat. Efek yang ditimbulkan oleh sebab tadi boleh berupa efek tunggal, tetapi boleh juga terbentuk sejumlah efek bersama-sama, atau serangkaian efek.

  •  Akibat ke Sebab

Hubungan akibat ke sebab merupakan suatu proses berpikir dengan bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai akibat yang diketahui, lalu bergerak menuju sebab-sebab yang mungkin telah menimbulkan akibat tadi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat karangan argumentasi :
  1. Berpikir sehat, logis, dan kritis
  2. Mencari, mengumpulkan, memilih fakta yang sesuai dengan tujuan dan topik, serta mampu merangkaikan untuk membuktikan keyakinan atau pendapat
  3. Menjauhkan emosi dan unsur subjektif
  4. Menggunakan bahasa secara baik dan benar, efektif, dan tidak menimbulkan salah penafsiran

0 comments:

Test Kecepatan Mengetik

Typing Test

Kunjungi Tes Mengetik dan coba!